BKG

Fajri, Moh (2015) Upaya Pemenuhan Ekonomi Perempuan Jawa dalam Novel Ibu Sinder Karya Pandir Kelana. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Perempuan Jawa merupakan sosok yang penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Akan tetapi, mereka sering dipandang hanya dari kelemahan fisik yang tidak sebanding dengan laki-laki. Apalagi di Jawa terdapat adat istiadat yang mengharuskan perempuan bergantung kepada laki-laki. Untuk mengatasi hal tersebut perempuan harus mampu berperan dalam bidang ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan berbagai macam upaya pemenuhan ekonomi yang dilakukan oleh perempuan Jawa dalam novel Ibu Sinder karya Pandir Kelana, (2) memaparkan sarana produksi, dan (3) relasi produksi yang dilakukan oleh tokoh perempuan Jawa dalam novel Ibu Sinder karya Pandir Kelana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data dari novel Ibu Sinder karya Pandir Kelana. Data berupa kutipan dalam novel yang berkaitan dengan pemenuhan ekonomi, sarana produksi, dan relasi produksi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perubahan peran pekerjaan perempuan dari sektor domestik menjadi sektor publik. Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai macam pekerjaan yang dilakukan oleh tokoh perempuan, diantaranya dengan membatik, meramu jamu, membuka warung, berjualan di pasar, induk semang dan wanita sesat jalan, semuanya berawal dari peran perempuan dalam sektor domestik. Sarana produksi bisa mereka dapatkan dengan cara melakukan sebuah relasi produksi atau hubungan dengan tokoh lain. Setelah sarana produksi dan relasi produksi berjalan baik, mereka mampu membuat perubahan terhadap masyarakat di tempat mereka tinggal menjadi lebih baik. Dalam basis dan suprastruktur teori Marxisme, sarana produksi dan relasi produksi menjadi sebuah dasar dalam masyarakat. Pada saat masyarakat sudah menguasai kedua hal tersebut, mereka akan bisa menentukan kehidupan sosial lainnya dalam masyarakat.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/334/051506464
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101526
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item