Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Eksplanasi Melalui Teknik Make A Match (Mencari Pasangan) Pada Siswa Kelas Vii F Smp Negeri 1 Batu

Yuliani, Indah (2015) Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Eksplanasi Melalui Teknik Make A Match (Mencari Pasangan) Pada Siswa Kelas Vii F Smp Negeri 1 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran berbasis teks, salah satu teks yang diajarkan adalah teks eksplanasi di kelas VII. Pada aplikasinya, pembelajaran tersebut tidak seluruhnya berjalan dengan baik. Seperti yang terjadi di kelas VII F SMP Negeri 1 Batu yang mengalami hambatan atau masalah dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi, yang dibuktikan dengan hasil siswa dalam kegiatan menyusun teks yang kurang dari standar nilai yang ditetapkan. Permasalahan tersebut disebabkan oleh penerapan teknik yang digunakan guru kurang sesuai dengan materi pembelajaran, sehingga membuat siswa merasa jenuh dalam kelas. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti menggunakan PTK sebagai teknik penelitian untuk menuntaskan masalah yang dialami oleh kelas VII F tersebut, dengan menerapkan teknik make a match (mencari pasangan) dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Pemilihan teknik ini didasarkan oleh penerapannya yang memudahkan siswa dalam menentukan antara struktur teks dengan kalimat yang sesuai. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus menerapkan langkah-langkah pembelajaran yang sama sesuai dengan teknik make a match (mencari pasangan). Pada siklus I kemampuan siswa meningkat dengan frekuensi +17 (50,1%) dari perolehan pada prasiklus, kemudian meningkat kembali pada siklus II dengan frekuensi +10 (79,5%). Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa penelitian ini bisa dikatakan berhasil karena kemampuan siswa dari prasiklus hingga siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan ketuntasan belajar lebih dari 80%, yaitu 85,3% dengan nilai rata-rata sebesar 78,6. Selain siswa mampu mengatasi kesulitan dalam menyusun teks eksplanasi, siswa juga lebih memiliki rasa semangat belajar yang tinggi sehingga secara tidak langsung berdampak pada hasil belajar siswa yang meningkat. Hal tersebut berdasarkan hasil pengamatan dan angket yang menunjukkan bahwa penerapan teknik make a match (mencari pasangan) dalam pembelajaran menyusun teks dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyusun teks eksplanasi utamanya dalam menentukan antara struktur dengan kalimat yang sesuai.

English Abstract

Indonesian lesson in curriculum 2013 applies text-based learning, one of the texts is explanatory text in seventh grade. In its practice, the learning activity is not going well. As happened in class VII F SMP Negeri 1 Batu who experienced obstacles or problems in learning of composing explanatory text, that is proved by the students result in composing explanatory text which is below specific standard score. The issue is caused by technique application used by the teachers that inappropriate with the learning material, so that the students feel saturated in class. Therefore, in this study, the researcher used PTK as the research technique to solve the problem faced by students class VII F, by using make a match technique in the learning of composing explanatory text. The selection of the technique is based on its application which can make the students easier in determining the text structure with the appropriate sentence. The current study was conducted in two cycles, each cycle applies the learning steps in accordance with the make a match technique. In cycle I, students’ ability improved in frequency +17 (50,1%) from pre-cycle result, then it was continuously increase in cycle II with frequency +10 (79,5%). According to the result, it is known that the current study is successful because there is a significant improvement of students’ ability from pre-cycle to cycle II with passing grade more than 80%, that is 85,3% with average score in number of 78,6. Beside the fact that the students are able to solve their problem in composing explanatory text, the students also have more learning spirit in which indirectly affect the students learning result improvement. The observation result and questionnaire show that the make a match technique application in the learning of composing explanatory text can improve students’ ability in composing explanatory text, especially in determining the text structure with the appropriate sentence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/265/ 051506395
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 21 Sep 2015 10:09
Last Modified: 21 Sep 2015 10:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101449
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item