A Semiotic Analysis On The Logos Of Three Cafes In Malang

Firmansyah, Agung (2015) A Semiotic Analysis On The Logos Of Three Cafes In Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kafe sangat terkenal di kota Malang dan kafe biasanya memiliki logo untuk menunjukan karakteristiknya dan informasi tentang identitas atau berbagai aspek dari kafe tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti memilih tiga logo dari kafe-kafe di Malang. Kemudian, untuk mendapatkan makna dari logo tersebut, peneliti menganalisanya dengan menggunakan kajian semiotik. Penelitian ini mempunyai tiga permasalahan: (1) Apa tipologi tanda yang ditemukan di logo dari tiga kafe di Malang? (2) Apa arti dari konotasi logo dari tiga kafe di Malang tersebut?, dan (3) Apa hubungan antara tanda konotasi dari logo tiga kafe tersebut dengan sejarah, konsep, dan tujuan dari kafe tersebut? Penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis dokumen isi digunakan di penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menerapkan teori dari Pierce (1931 dalam Chandler 2007) yaitu typology of sign. Untuk memperoleh makna dari tanda-tanda yang ditemukan, teori konotasi yang dikenalkan oleh Chandler (2007) dan Fiske (2012) juga digunakan. Peneliti menggunakan sampling purposif dalam memilih objek penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti memilih Uno kafe, Mochi Maco kafe, dan Omah Coffee kafe. Penelitian ini menemukan ikon, indeks, dan simbol di logo dari ketiga kafe yang dipilih. Tanda ikon merupakan tanda yang paling banyak digunakan, diikuti dengan symbol, dan yang paling sedikit digunakan adalah indeks. Makna dari kombinasi tanda yang ditemukan di tiga logo tersebut dimaknai dengan teori konotasi. Berdasarkan analasis tersebut, ketiga kafe menunjukan karakteristiknya melalui logonya dan ketiga logo kafe tersebut menunjukan keterkaitan antara tanda konotasi dengan sejarah, konsep, dan tujuan dari ketiga kafe tersebut. Selain itu, ketiga logo tersebut menunjukan karakteristiknya dan keterkaitan antara tanda konotasi dan sejarah, konsep, dan tujuan dari kafe-kafe tersebut yang kebanyakan melalui tanda simbol yaitu nama dari kafe-kafe tersebut. Sebagai penutup, peneliti menyarankan peneliti selanjutnya untuk menganalisis objek lain seperti poster, cover novel, poster atau logo yang berbeda dari kafe di tempat yang berbeda selain di Malang.

English Abstract

Cafe is very popular in Malang and it usually has a logo to show the characteristics of the cafe and all identities or all aspects of the cafe. In this research, the researcher chooses three logos of cafes in Malang. Then, to get the meaning of the logos, the researcher analyzes them by using semiotic study. This research has three problems of the study to be answered: (1) What typology of signs are found on the logos of three cafes in Malang? (2) What are the connotations of the logos of three cafes in Malang?, and (3) What are the relationships between the sign connotation of the logos of cafes and the history, concept and goals of the cafes? Descriptive qualitative research with content or document analysis is applied in this research. The data analysis is conducted by applying Pierce’s theory (1931 in Chandler 2007) that is typology of sign. In order to interpret the meaning of the signs found, connotation theory offered by Chandler (2007) and Fiske (2012) are also used. Purposive sampling is used in this research to select the objects. In this research, the researcher selected Uno cafe, Mochi Maco cafe, and Omah Coffee Cafe. The result of this research discovers that the icon, index, and symbol are found in the logos. The iconic signs are mostly applied and the symbolic signs are used more than the indexical one. The meaning of signs combination found in the logos is interpreted through connotation theory. In accordance with the analysis, the three cafes represent their characteristics through their logos and the three logos of cafes show relationships between the signs connotation and the history, concept, and goals of the cafes. Moreover, the three logos represent characteristics and relation between the sign connotation of the logo and the history, concept, and goal of the café through their symbolic signs in their names. The researcher finally suggests the next researchers analyze other objects as the data source conducting a research related to semiotics study such as posters, novel covers, posters and different logos of cafes in areas other than Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/145/ 051503283
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 14 Sep 2015 16:03
Last Modified: 14 Sep 2015 16:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101316
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item