Perkembangan Karakter Tokoh Utama Saito Rie Dalam Film Hitsudan Hostess Karya Sutradara Hajime Takezono

Lestari, Puji (2014) Perkembangan Karakter Tokoh Utama Saito Rie Dalam Film Hitsudan Hostess Karya Sutradara Hajime Takezono. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Film merupakan karya yang digemari masyarakat saat ini. Melalui film, masyarakat dapat melihat gambar mengenai kehidupan. Hal ini tercermin dalam sebuah film, salah satunya adalah film Hitsudan Hostess. Film ini bercerita tentang seorang gadis tuna rungu bernama Saito Rie yang mempunyai keinginan menjadi hostess namun ditentang oleh keluarganya, tetapi Rie tidak menyerah begitu saja, yang pada akhirnya ia berhasil mewujudkan cita-citanya. Dalam perjalannya menuju kesuksesan karakter Rie mengalami perkembangan. Karakter Rie waktu anak-anak yang penuh semangat dan kerja keras, saat ia menginjak usia remaja menjadi sedikit pemberontak, menuju dewasa Rie menunjukkan karakter yang kuat yaitu berpegang teguh pada pendiriannya. Penulis menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan karakter yang dialami tokoh. Untuk mengetahui perkembangan karakter tokoh tersebut, penulis menggunakan psikologi perkembangan yang terfokus pada tokoh utama. Penulis juga menggunakan teori mise-en-scene sebagai teori pendukung dalam penelitian ini guna menganalisis film lebih dalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan karakter tokoh utama sangat dipengaruhi oleh keluarga serta lingkungan tempat ia tinggal. Tokoh Rie memiliki karakter yang kuat, ia dapat menyelesaikan tugas perkembangannya sebagai remaja meskipun sempat memberontak kepada ibunya, namun hal itu sesuatu yang wajar dalam proses pencarian jati diri. Keberhasilannya dalam melewati proses perkembangan karakter tersebut yang mengantarkannya menuju kesuksesan. Penulis menyarankan pada penelitian berikutnya yang menggunakan film ini sebagai data penelitian, agar menggunakan psikoanalisis, sosiologi sastra dan membahas image hostess di Jepang guna memperkaya apresiasi terhadap karya sastra.

English Abstract

最近、映画は社会で人気がある。映画を通して人々は生活の状態を 見ることができる。この問題を映画『筆談ホステス』の中に見つけた。こ の映画で斉藤理恵は耳が聞こえない。ホステスになる、家族が反対したが 理恵はあきらめない、結局彼女は夢を叶える。 成功の中に主人公の人格形成がある。子供のとき理恵はいつも頑張 りあきらめない。大人は理恵が反抗てきである。大人になって理恵は強い 人格になる。筆者は主人公の人格形成の要因を見つけた。この主人公の人 格形成を分析するため発達心理学を中心に 使用している。またはより多く分 析するために、マイスアンシーンの理論を使用することになる。 この研究の結果は、環境と家族は人格形成に強い影響を示している。 理恵は強いキャラクターをもって、青春期の発達任務ができる。しかも彼 女は母に反抗的である、 それはアイデンティティーの検索で合理的である何か である。彼助を成功に導いたキャラクター 形成の プロセスを通っている。 次の研究者は、この映画について違うアプローチで研究することができ ると思う。文学の鑑賞を豊かにするために、精神分析的と社会文学と日本のホス テスのイメージを使用したらいいと思う。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/59/051400698
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 06 Feb 2014 08:38
Last Modified: 21 Oct 2021 08:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101220
[thumbnail of SKRIPSI_PUJI_LESTARI_(0911120156).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PUJI_LESTARI_(0911120156).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item