Analisis Perilaku Negatif Tokoh Angelica Dalam Film Kerity La Maison Des Contes Ditinjau Dari Aspek Sosial Dan Emosional Psikologi Perkembangan Anak

Luthfiyah, Lujeng (2014) Analisis Perilaku Negatif Tokoh Angelica Dalam Film Kerity La Maison Des Contes Ditinjau Dari Aspek Sosial Dan Emosional Psikologi Perkembangan Anak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Film merupakan karya seni berbentuk gambar bergerak yang mengangkat manusia dan segala bentuk kehidupannya sebagai objek. Salah satunya adalah kehidupan anak-anak yang dikisahkan dalam bentuk film berjudul Kerity La Maison Des Contes. Film ini menceritakan pertengkaran saudara kandung, yakni Angelica dan Nathanael yang mana Tokoh Angelica menjadi objek penelitian ini karena tindakan provokatifnya yang memicu pertengkaran dan perilaku-perilaku negatifnya yang ditujukan kepada adiknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku negatif tokoh Angelica apabila ditinjau dari aspek sosial dan emosional psikologi perkembangan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan teori psikologi perkembangan anak oleh Elizabeth B. Hurlock (1978) yang lebih fokus pada aspek sosial dan emosional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Angelica yang berusia sembilan (9) tahun memasuki kategori masa kanak-kanak akhir yang mana Angelica sudah mulai bersosialisasi dengan orang lain, terutama dengan keluarganya. Segala bentuk perilaku negatif Angelica merupakan reaksi kecemburuan yang dipengaruhi oleh sikap pilih kasih orang tua dan bibinya. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk membandingkan karakter tokoh Angelica dan Nathanael ditinjau dari teori psikologi anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/474/051407911
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 28 Nov 2014 08:52
Last Modified: 24 Nov 2021 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101185
[thumbnail of SKRIPSI_LUJENG_LUTHFIYAH.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LUJENG_LUTHFIYAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item