Black English Vernacular Applied in the Characters of “Ray” Viewed from Solidarity

Damayanti, Evi (2011) Black English Vernacular Applied in the Characters of “Ray” Viewed from Solidarity. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ada banyak macam variasi bahasa di dunia ini, salah satu variasi bahasa yang menjadi fenomena adalah Vernakular Bahasa Inggris Kaum Kulit Hitam (BEV). Variasi bahasa ini berkembang pesat di berbagai macam media, seperti film, lagu, dan acara televisi. Dalam hal ini, penulis menggunakan film dalam mengaplikasikan studinya. Penulis memilih film Ray sebagai objek studinya yang merupakan biografi seorang musisi yang memulai karirnya dari kecil hingga dia tutup usia, berlatar belakang di komunitas kulit hitam dan menggunakan BEV sebagai bahasa sehari-hari. Maka dari itu, penulis bertujuan untuk mengungkap pola BEV yang sering dipakai dalam film "Ray", faktor sosial dari penggunaan BEV di film "Ray" dan tipe solidaritas pada penggunaan BEV di film "Ray". Studi ini menggunakan teori dari Labov dan Trudgill dalam menganalisa pola BEV dan teori dari Holmes dalam menganalisa solidaritas. Studi ini menggunakan analisis dokumen karena data yang diteliti dalam bentuk tertulis yaitu naskah film. Oleh karena itu, penulis memiliki peranan yang penting dalam mengumpulkan dan mengelompokkan data yang termasuk dalam BEV. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa ada 217 data yang mengandung BEV. Pola dari BEV yang paling banyak digunakan adalah penghilangan bunyi, penggunaan ain‟t , penghilangan kata kerja penghubung, multi negasi dan sistem aspektual. Dari hasil analisa, diperoleh bahwa analisa faktor sosial merupakan langkah dalam menganalisa solidaritas. Selain itu, diperoleh bahwa dari 40 setting dan 47 dialog, 22 diantaranya menggunakan solidaritas tinggi dan 25 diantaranya menggunakan solidaritas rendah. Hal ini dikarenakan tokoh di film ini menggunakan bahasa yang kurang sopan dan intonasi yang tinggi dalam berbicara. Penulis menyimpulkan bahwa penggunaan BEV, faktor sosial dan pengaplikasian solidaritas berhubungan satu sama lain di film Ray. Pada akhirnya, penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengadakan observasi secara langsung untuk mengetahui penggunaan BEV di kehidupan nyata.

English Abstract

There are many language variations in the world; one of them that becomes a phenomenon is Black English Vernacular (BEV). This language variation is developed in the various media such as movie, song, and television program. In this case, the writer uses movie as the source of her study. The writer chooses "Ray" movie which tells a biography of someone who starts his career from childhood until he dies. The setting of this movie is the black community that is using BEV as the daily language. Therefore, this study is aimed to know the patterns of BEV which mostly occurred in "Ray" movie, social factors in the use of BEV in "Ray" movie and the types of solidarity in the use of BEV in "Ray" movie. This study uses Labov‟s and Trudgill‟s theories in analyzing the patterns of BEV and Holmes‟ theory in analyzing solidarity. This study uses document analysis because the data are in the form of written text which is a movie script. Accordingly, the writer has the big role in collecting and grouping the data containing BEV. This study reveals that there are 217 data containing BEV. The patterns of BEV occurring are omission of the auxiliary, the use of ain‟t , the absence of copula, multiple negation and aspectual system. From the analysis, it can be looked that social factors is a step to analyze solidarity. This study also reveals that there are 40 settings and 47 dialogues containing 22 high solidarity and the remaining 25 containing the low. This happens because the characters in this movie use impolite language and the high intonation in saying something. In brief, the writer concludes that among the use of BEV, social factors and the application of solidarity are related in "Ray" movie. At the end, the writer suggests to the next researchers to conduct a research by doing direct observation in knowing the use of BEV in the real life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2011/13/051102104
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 09 May 2011 13:01
Last Modified: 09 May 2011 13:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100349
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item